RPP IPS SMK
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
1. Identitas
Sekolah :
SMK Negeri 2 Sampit
Program Studi Keahlian : Semua Program Keahlian
Kompetensi Keahlian : Semua Program Keahlian
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester :
XI / I
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
2. Standar Kompetensi
Memahami Struktur Sosial serta Berbagai Faktor Penyebab
Konflik dan Mobilitas Sosial
3.
Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan
bentuk – bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
4.
Indikator Pencapain Kompetensi
·
Menjelaskan
pengertian struktur sosial
·
Menjelaskan ciri
– ciri struktur sosial
·
Menjelaskan
bentuk – bentuk struktur sosial
·
Menjelaskan
fungsi – fungsi struktur sosial
5.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa mampu
menjelaskan pengertian struktur sosial
·
Siswa mampu
menjelaskan ciri – ciri struktur sosial
·
Siswa mampu
menjelaskan bentuk – bentuk struktur sosial
·
Siswa mampu
menjelaskan fungsi – fungsi struktur sosial
6.
Materi Pembelajaran
·
Pengertian struktur sosial
·
Ciri – ciri struktur sosial
·
Bentuk – bentuk struktur sosial
·
Fungsi – fungsi struktur sosial
7.
Metode
Pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Diskusi
·
Pemberian tugas
8.
Karakter
siswa yang diharapkan
Jujur, kerjasama, Bertanggung jawab, Kedisiplinan
9.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 ( 2 x
45 )
Ø
Kegiatan Pendahuluan ( 5
menit )
-
Memeriksa kehadiran
siswa, kerapian dan kebersihan kelas
-
Berdoa, salam.
Ø
Apersepsi :
-
Dalam masyarakat kita
mengenal berbagai tingkatan, penggolongan, peran dan status.
-
Bagaimana stuktur
masyarakat Indonesia
Ø Kegiatan Inti ( 60
menit )
§ Eksplorasi
-
Membaca materi
mengenai struktur sosial
-
Memberikan
pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui pengetahuan awal siswa mengenai
struktur sosial
-
Menjelaskan pengertian
struktur sosial
§
Elaborasi
-
Tugas kelompok
menjelaskan struktur sosial masyarakat Kotim. ( kelas dibagi
menjadi 3 kelompok )
§ Konfirmasi
-
Memberikan tanggapan
terhadap kinerja siswa
-
Memberikan motivasi
kepada siswa yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
Ø Kegiatan Penutup ( 25 Menit )
-
Bersama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah diberikan
-
Menugaskan kepada siswa agar mencari materi mengenai ciri – ciri dan
bentuk – bentuk struktur social yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
-
Menyampaikan salam penutup
10. Penilaian
Aspek Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Bobot
|
|||
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
|||
a. Aspek
Kogninif
|
Tes
|
Tes tertulis
|
Soal uraian
|
50%
|
|
b. Aspek
Psikomotor
|
|||||
|
|
|
|
||
c. Aspek
Afektif
|
Non tes
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
50%
|
|
·
Penilaian kognitif menggunakan
instrumen tes tertulis dan rubrik
penilaian sbb:
RUBRIK PENILAIAN PENGETAHUAN
No
|
Pertanyaan
|
Kriteria
Persekoran
|
Jumlah
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Sebutkan dan jelaskan
bentuk-bentuk struktur sosial !
|
|
|
|
|
|
2
|
Apa yang dimaksud
dengan :
§ Status sosial
§ Peran sosial
§ Ascriebed status
§ Achieved status
Dan sebutkan contohnya masing-masing 1
|
|
|
|
|
|
3
|
Apa yang dimaksud
dengan konflik peran sosial dan konflik status sosial?
|
|
|
|
|
|
4
|
Sebutkan contoh dari :
§ Konflik peran sosial
§ Konflik status yang
bersifat individual
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan skor:
1.
Skor 4: Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga
indikator
2.
Skor 3: Jika
peserta didik mampu menjelaskan dua indikator.
3.
Skor 2:
Jika peserta didik mampu
menjelaskan salah satu indikator.
4.
Skor 1: Jika
peserta didik tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan
Keterangan
indikator / kunci Jawaban:
- ........................
- ........................
- ........................
- ........................
Nilai :
|
|
Jumlah skor yang
diperoleh
Nilai
=
Jumlah skor maksimal
·
Penilaian afektif menggunakan instrumen
lembar observasi dan rubrik penilaian sbb:
No
|
Nama Siswa/ Kelompok
|
Jujur
|
Kerjasama
|
Tanggung jawab
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan skor:
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Keterangan indikator;
(JUJUR)
1. Tidak menyontek
2. Mengakui kesalahan atau
kekurangan yang dimiliki
3. Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang
lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
(KERJASAMA)
1. Saling membantu teman
dalam mengerjakan tugas kelompok
2. Terlibat aktif dalam
kegiatan kerja kelompok
3. Kesediaan mengerjakan
tugas sesuai dengan kesepakatan bersama
(TANGGUNGJAWAB)
1. Melaksanakan tugas
individu dengan baik dan penuh tanggungjawab
2. Menerima resiko dari
tindakan yang dilakukan
3. Meminta maaf atas
kesalahan yang dilakukan
Nilai :
|
|
Jumlah skor yang
diperoleh
Nilai =
Jumlah skor maksimal
Pertemuan 2 ( 2 x
45 )
Ø Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit )
-
Memeriksa kehadiran
siswa, kerapian dan kebersihan kelas
-
Berdoa, salam.
Ø Apersepsi :
-
Struktur sosial memiliki ciri – ciri dan bentuk yang berbeda.
Ø
Kegiatan Inti ( 60 menit )
§ Eksplorasi
-
Membaca materi
mengenai ciri – ciri dan bentuk – bentuk struktur sosial
-
Memberikan
pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui pengetahuan awal siswa mengenai
struktur sosial
-
Menjelaskan ciri
– ciri dan bentuk- bentuk struktur sosial
§ Elaborasi
-
Tugas kelompok
mengidentifikasikan ciri dan bentuk struktur social masyarakat Kotim (
kelas dibagi menjadi 5-6 kelompok )
§ Konfirmasi
-
Memberikan tanggapan
terhadap kinerja siswa
-
Memberikan motivasi
kepada siswa yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
Ø Kegiatan Penutup ( 25 Menit )
-
Bersama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah diberikan
-
Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
-
Menugaskan kepada siswa agar mencari materi mengenai fungsi - fungsi
struktur sosial
-
Menyampaikan salam penutup
Penilaian
Aspek Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Bobot
|
|||
Kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
|
|
|
|
|
|||
a. Aspek
Kogninif
|
Tes
|
Tes tertulis
|
Soal uraian
|
50%
|
|
b. Aspek
Psikomotor
|
|||||
|
|
|
|
||
c. Aspek
Afektif
|
Non tes
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
50%
|
·
Penilaian kognitif menggunakan
instrumen tes tertulis dan rubrik
penilaian sbb:
RUBRIK PENILAIAN PENGETAHUAN
No
|
Pertanyaan
|
Kriteria
Persekoran
|
Jumlah
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
1. Sebutkan 2 ciri struktur sosial!
|
|
|
|
|
|
2
|
Sebutkan
pengertian stratifikasi social dan deferensiasi sosial!
|
|
|
|
|
|
3
|
2. Sebutkan kriteria yang
dijadikan dasar stratifikasi sosial!
|
|
|
|
|
|
4
|
3. Sebutkan kriteria yang
dijadikan dasar deferensiasi sosial.
|
|
|
|
|
|
Keterangan skor:
1.
Skor 4: Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga
indikator
2.
Skor 3: Jika
peserta didik mampu menjelaskan dua indikator.
3.
Skor 2:
Jika peserta didik mampu
menjelaskan salah satu indikator.
4.
Skor 1: Jika
peserta didik tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan
Keterangan
indikator / kunci Jawaban:
4.
........................
5.
........................
6.
........................
7.
........................
Nilai :
|
|
Jumlah skor yang
diperoleh
Nilai =
Jumlah skor maksimal
·
Penilaian afektif menggunakan instrumen
lembar observasi dan rubrik penilaian sbb:
No
|
Nama Siswa/ Kelompok
|
Kedisiplinan
|
Kerjasama
|
Tanggung jawab
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan skor:
4 = jika empat indikator terlihat
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Keterangan indikator;
(KEDISIPLINAN)
1. Bersikap disiplin dalam
mengikuti pelajaran
2.
Mengumpulkan tugas tepat waktu
3.
Masuk jampelajaran tepat waktu
(KERJASAMA)
1. Saling membantu teman
dalam mengerjakan tugas kelompok
2. Terlibat aktif dalam
kegiatan kerja kelompok
3. Kesediaan mengerjakan
tugas sesuai dengan kesepakatan bersama
(TANGGUNGJAWAB)
1. Melaksanakan tugas
individu dengan baik dan penuh tanggungjawab
2. Menerima resiko dari
tindakan yang dilakukan
3. Meminta maaf atas
kesalahan yang dilakukan
Nilai :
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =
Jumlah skor maksimal
Pertemuan 3 ( 2 x 45 )
Ø Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit )
-
Memeriksa kehadiran
siswa, kerapian dan kebersihan kelas
-
Berdoa, salam.
Ø Apersepsi :
-
Struktur social memiliki
fungsi yang berbeda - beda.
-
Apa saja fungsi – fungsi
tersebut ?
Ø
Kegiatan Inti ( 40 menit )
§
Eksplorasi
-
Menjelaskan
fungsi - fungsi struktur sosial
-
Memberikan salah
satu contoh mengenai fungsi struktur social.
§
Elaborasi
-
Tugas kelompok menjelaskan
fungsi – fungsi struktur sosial ( kelas dibagi menjadi 5-6 kelompok )
§ Konfirmasi
-
Memberikan tanggapan
terhadap kinerja siswa
-
Memberikan motivasi
kepada siswa yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
Ø Kegiatan Penutup ( 45 Menit )
-
Bersama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah diberikan
-
Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
-
Memberikan evaluasi akhir materi mengenai struktur sosial.
-
Menyampaikan salam penutup
Penilaian
Aspek Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Bobot
|
|||
Kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
|
|
|
|
|
|||
a. Aspek
Kogninif
|
Tes
|
Tes tertulis
|
Soal uraian
|
50%
|
|
b. Aspek
Psikomotor
|
|||||
|
|
|
|
||
c. Aspek
Afektif
|
Non tes
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
50%
|
·
Penilaian kognitif menggunakan
instrumen tes tertulis dan rubrik
penilaian sbb:
RUBRIK PENILAIAN PENGETAHUAN
No
|
Pertanyaan
|
Kriteria
Persekoran
|
Jumlah
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Jelaskan pengertian struktur sosial !
|
|
|
|
|
|
2
|
Sebutkan 2 unsur pembentuk struktur sosial!
|
|
|
|
|
|
3
|
Sebutkan faktor – faktor pembentuk stratifikasi sosial!
|
|
|
|
|
|
4
|
Sebutkan fungsi struktur sosial!
|
|
|
|
|
|
5
|
Sebutkan 2 ciri struktur sosial!
|
|
|
|
|
|
Keterangan skor:
1.
Skor 4: Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga
indikator
2.
Skor 3: Jika
peserta didik mampu menjelaskan dua indikator.
3.
Skor 2:
Jika peserta didik mampu
menjelaskan salah satu indikator.
4.
Skor 1: Jika
peserta didik tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan
Keterangan
indikator / kunci Jawaban:
1. ........................
2. ........................
3. ........................
Nilai :
|
|
Jumlah skor yang
diperoleh
Nilai =
Jumlah skor maksimal
·
Penilaian afektif menggunakan instrumen
lembar observasi dan rubrik penilaian sbb:
No
|
Nama Siswa/ Kelompok
|
Kedisiplinan
|
Kerjasama
|
Tanggung jawab
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan skor:
4 = jika empat indikator terlihat
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Keterangan indikator;
1. ................
2.
.................
Nilai :
|
|
Jumlah skor yang
diperoleh
Nilai =
Jumlah skor maksimal
§
Nilai
Akhir = Jumlah Nilai Bobot
Kognitif+Psikomotor+Afektif
Guru Mata Pelajaran
Much.Fatchurohman,S.Pd
NIP.
19620603 200003 1 004
|
|
Sampit, Juli
2016
Waka Kurikulum
NIP. 008
|
Mengetahui,
Kepala SMK 2
Sampit
NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
1. Identitas
Sekolah :
SMK Negeri 2 Sampit
Program Studi Keahlian : Semua Program Keahlian
Kompetensi Keahlian : Semua Program Keahlian
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester :
XI / I
Alokasi Waktu :
6 x 45 menit
2. Standar Kompetensi
Memahami Struktur Sosial Serta Berbagai Faktor Penyebab
Dan Mobilitas Sosial
3.
Kompetensi Dasar
Menganalisis faktor
penyebab konflik sosial dalam masyarakat
4. Indikator
Pencapain Kompetensi
·
Menjelaskan
konflik sosial berdasarkan pengertiannya
·
Mengidentifikasi
konflik sosial berdasarkan factor – factor penyebabnya
·
Mengidentifikasikan
konflik sosial berdasarkan bentuk – bentuk pengendaliannya
·
Mengidentifikasikan
konflik sosial berdasarkan dampak yang muncul
5. Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa mampu
menjelaskan konflik sosial berdasarkan pengertiannya
·
Siswa mampu
mengidentifikasikan konflik sosial berdasarkan faktor – faktor penyebabnya
·
Siswa mampu
mengidentifikasikan konflik sosial berdasarkan
bentuk – bentuk pengendaliannya
·
Siswa mampu
mengidentifikasikan konflik sosial berdasarkan
dampak yang muncul
6. Materi Pembelajaran
·
Pengertian konflik
·
Faktor – faktor penyebab konflik
·
Bentuk – bentuk pengendalian konflik
·
Dampak – dampak konflik
7. Metode Pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Diskusi
·
Pemberian tugas
1. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 4 ( 2 x
45 )
Ø Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit )
-
Memeriksa kehadiran siswa,
kerapian dan kebersihan kelas
-
Berdoa, salam.
Ø Apersepsi :
-
Secara umum kita sudah
mengenal konflik dan penyebabnya.
-
Pernahkah didaerah kita
terjadi konflik ?
Ø
Kegiatan Inti ( 60 menit )
§ Eksplorasi
-
Membaca materi
mengenai konflik dan faktor penyebabnya
-
Menjelaskan pengertian
konflik dan faktor – faktor penyebabnya
§ Elaborasi
-
Tugas kelompok mengenai
konflik dan faktor – faktor penyebabnya. ( kelas dibagi menjadi 6-7 kelompok )
§ Konfirmasi
-
Memberikan tanggapan
terhadap kinerja siswa
-
Memberikan motivasi kepada
siswa yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
Ø Kegiatan Penutup ( 25 Menit )
-
Bersama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah diberikan
-
Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
-
Menugaskan kepada siswa agar mencari contoh konflik yang terjadi di
masyarakat
-
Menyampaikan salam penutup
2. Sumber pustaka dan Media
-
Buku-buku sosiologi
-
Buku-buku pegangan
sosiologi SLTA
-
Lingkungan sosial
sekitar
-
Media Internet, Surat kabar, dll
3. Penilaian
Aspek Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Bobot
|
||
Kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
|
a. Aspek
Kogninif
|
Tes
|
Tes tertulis
|
Soal uraian
|
50%
|
b. Aspek
Psikomotor
|
||||
c. Aspek
Afektif
|
Non tes
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
50%
|
·
Penilaian kognitif menggunakan
instrumen tes tertulis dan rubrik
penilaian sbb:
RUBRIK PENILAIAN PENGETAHUAN
No
|
Pertanyaan
|
Kriteria
Persekoran
|
Jumlah
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Jelaskan apa yang dimaksud
dengan konflik ?
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Sebutkan 4 macam konflik
sosial!
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Apa yang dimaksud dengan
konflik pribadi ?
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Sebutkan 3 faktor
penyebab terjadinya konflik !
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Sebutkan 1 contoh konflik
antar etnis !
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan skor:
1. Skor 5: Jika peserta didik mampu menjelaskan empat
indikator
2. Skor 4: Jika
peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator
3. Skor
3: Jika peserta didik mampu
menjelaskan dua indikator.
4. Skor
2: Jika peserta didik mampu menjelaskan salah satu
indikator.
5. Skor
1: Jika peserta didik tidak satupun
pertanyaan di atas mampu dijelaskan
Keterangan
indikator / kunci Jawaban:
1. Siswa mampu menjelaskan pengertian konflik
Konflik adalah Pertentangan yang terjadi didalam
masyarakat
2. Siswa mampu menyebutkan 4 macam konflik sosial
-
Konflik
antar etnis
-
Konflik
antar ras
-
Konflik
antar sosial budaya
-
Konflik
antar agama
3. Siswa dapat menjelaskan pengertian konflik pribadi
Konflik pribadi adalah suatu pertentang yang terjadi
diantara
4. Siswa mampu menyebutkan 3 faktor penyebab terjadinya
konflik
-
Perbedaan
kepentingan dan pandangan hidup
-
Perbedaan
nilai dan norma sosial
-
Perbedaan
status dan peran sosial
5. Siswa mampu menyebutkan 1 contoh konflik antar etnis
Contoh konflik antar etnis (suku) yang pernah terjadi di
kota Sampit konflik antar suku dayak dan madura
Nilai :
|
|
Jumlah skor yang
diperoleh
Nilai =
Jumlah skor maksimal
·
Penilaian afektif menggunakan instrumen
lembar observasi dan rubrik penilaian sbb:
No
|
Nama Siswa/ Kelompok
|
Kedisiplinan
|
Kerjasama
|
Tanggung jawab
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan skor:
4 = jika empat indikator terlihat
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Keterangan indikator;
(KEDISIPLINAN)
1. Bersikap disiplin dalam
mengikuti pelajaran
2.
Mengumpulkan tugas tepat waktu
3.
Masuk jampelajaran tepat waktu
(KERJASAMA)
1.
Saling membantu teman dalam mengerjakan tugas kelompok
2.
Terlibat aktif dalam kegiatan kerja kelompok
3.
Kesediaan mengerjakan tugas sesuai dengan kesepakatan
bersama
(TANGGUNGJAWAB)
1.
Melaksanakan tugas individu dengan baik dan penuh
tanggungjawab
2.
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
3. Meminta maaf atas
kesalahan yang dilakukan
Nilai :
|
|
Jumlah skor yang
diperoleh
Nilai =
Jumlah skor maksimal
§
Nilai
Akhir = Jumlah Nilai Bobot
Kognitif+Psikomotor+Afektif
Pertemuan 5 ( 2 x 45 ) menit
Ø Kegiatan pendahuluan
( 5 menit )
-
Memeriksa kehadiran
siswa, kerapian dan kebersihan kelas
-
Berdoa , salam.
Ø Apersepsi :
-
Secara umum kita sudah
mengenal konflik sosial di masyarakat
-
Bagaimanakah cara
pengendalian konflik yang tepat itu ?
Ø
Kegiatan Inti ( 60 menit )
§ Eksplorasi
-
Membaca materi
mengenai cara – cara pengendalian konflik
- Memberikan pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui
pengetahuan awal siswa mengenai pengendalian konflik
-
Memberikan contoh –
contoh pengendalian konflik, misalnya persuasif
§ Elaborasi
-
Kelas dibagi menjadi 6-7 kelompok. Masing – masing kelompok menjelaskan
pengendalian konflik yang tepat berdasarkan gambar konflik yang
dimiliki.
-
Perwakilan kelompok
membacakan hasil kerjanya
§ Konfirmasi
-
Memberikan tanggapan
terhadap kinerja siswa
-
Memberikan motivasi
kepada siswa yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
Ø Kegiatan Penutup ( 25 Menit )
-
Bersama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah diberikan
-
Menugaskan kepada siswa untuk mencari referensi mengenai dampak konflik.
-
Menyampaikan salam penutup
Penilaian
Aspek Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Bobot
|
|||
Kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
|
|
|
|
|
|||
a. Aspek
Kogninif
|
Tes
|
Tes tertulis
|
Soal uraian
|
50%
|
|
b. Aspek
Psikomotor
|
|||||
|
|
|
|
||
c. Aspek
Afektif
|
Non tes
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
50%
|
·
Penilaian kognitif menggunakan instrumen tes tertulis dan rubrik penilaian sbb:
RUBRIK PENILAIAN PENGETAHUAN
No
|
Pertanyaan
|
Kriteria
Persekoran
|
Jumlah
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||
1
|
Mengapa konflik harus
dikendalikan ?
|
|
|
|
|
|
2
|
Jelaskan pengertian
persuasif !
|
|
|
|
|
|
3
|
Jelaskan yang dimaksud
pengendalian konflik !
|
|
|
|
|
|
Keterangan skor:
1. Skor 4: Jika
peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator
2. Skor
3: Jika peserta didik mampu
menjelaskan dua indikator.
3. Skor
2: Jika peserta didik mampu menjelaskan salah satu
indikator.
4. Skor
1: Jika peserta didik tidak satupun
pertanyaan di atas mampu dijelaskan
Keterangan
indikator / kunci Jawaban:
1. Siswa mampu menjelaskan alasan konflik harus dikendalikan
Karena jika tidak ada pengendalian terhadap konflik akan
terjadi konflik yang semakin meluas dan tidak akan ada efek jera
2. Siswa menjelaskan pengertian Persuasif
Teknik persuasif adalah salah satu teknik pengendalian
sosial dengan cara mengajak atau membimbing warga masyarakat agar bertindak
sesuai peraturan/norma-norma yang ada
3. Siswa dapat menjelaskan pengertian pengendalian konflik
Pengendalian konflik adalah proses mengatasi pertentangan
sosial yang terjadi dalam masyarakat
Nilai :
|
|
Jumlah skor yang
diperoleh
Nilai =
Jumlah skor maksimal
·
Penilaian afektif menggunakan instrumen
lembar observasi dan rubrik penilaian sbb:
No
|
Nama Siswa/ Kelompok
|
Kedisiplinan
|
Kerjasama
|
Tanggung jawab
|
||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan skor:
4 = jika empat indikator terlihat
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Keterangan indikator;
(KEDISIPLINAN)
1. Bersikap disiplin dalam
mengikuti pelajaran
2.
Mengumpulkan tugas tepat waktu
3.
Masuk jampelajaran tepat waktu
(KERJASAMA)
1.
Saling membantu teman dalam mengerjakan tugas kelompok
2.
Terlibat aktif dalam kegiatan kerja kelompok
3.
Kesediaan mengerjakan tugas sesuai dengan kesepakatan
bersama
(TANGGUNGJAWAB)
1.
Melaksanakan tugas individu dengan baik dan penuh
tanggungjawab
2.
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
3. Meminta maaf atas
kesalahan yang dilakukan
Nilai :
|
|
Jumlah skor yang
diperoleh
Nilai =
Jumlah skor maksimal
§
Nilai
Akhir = Jumlah Nilai Bobot
Kognitif+Psikomotor+Afektif
Pertemuan 6 ( 2 x 45 ) menit
Ø Kegiatan
pendahuluan ( 5 menit )
-
Memeriksa kehadiran
siswa, kerapian dan kebersihan kelas
-
Berdoa, salam.
Ø Apersepsi :
-
Kita sudah mengenal cara
– cara pengendalian konflik, apa yang terjadi jika konflik tidak bisa
dikendalikan ?
-
Apa dampaknya terhadap
kehidupan sosial kita ?
Ø
Kegiatan Inti ( 60 menit )
§ Eksplorasi
-
Membaca materi
mengenai dampak konflik sosial
-
Memberikan
pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui pengetahuan awal siswa mengenai
pengendalian konflik
-
Memberikan contoh –
contoh dampak konflik sosial
§ Elaborasi
-
Kelas dibagi menjadi 3
kelompok. Masing – masing kelompok
menjelaskan dampak – dampak
konflik sosial
-
Perwakilan kelompok
membacakan hasil kerjanya
§ Konfirmasi
-
Memberikan tanggapan
terhadap kinerja siswa
-
Memberikan motivasi
kepada siswa yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
Ø Kegiatan Penutup ( 25 Menit )
-
Bersama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah diberikan
-
Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta
mempelajarinya.
-
Menyampaikan salam penutup.
Penilaian
Aspek Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Bobot
|
|||
Kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
|
|
|
|
|
|||
a. Aspek
Kogninif
|
Tes
|
Tes tertulis
|
Soal uraian
|
50%
|
|
b. Aspek
Psikomotor
|
|||||
|
|
|
|
||
c. Aspek
Afektif
|
Non tes
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
50%
|
·
Penilaian kognitif menggunakan
instrumen tes tertulis dan rubrik
penilaian sbb:
RUBRIK PENILAIAN PENGETAHUAN
No
|
Pertanyaan
|
Kriteria
Persekoran
|
Jumlah
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Sebutkan akibat konflik sosial terhadap masyarakat !
|
|
|
|
|
|
2
|
Sebutkan dampak adanya
konflik sosial secara umum !
|
|
|
|
|
|
3
|
Apa akibat jika konflik sosial tidak segera diatasi?
|
|
|
|
|
|
Keterangan skor:
1. Skor 4: Jika
peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator
2. Skor
3: Jika peserta didik mampu
menjelaskan dua indikator.
3. Skor
2: Jika peserta didik mampu menjelaskan salah satu
indikator.
4. Skor
1: Jika peserta didik tidak satupun
pertanyaan di atas mampu dijelaskan
Keterangan
indikator / kunci Jawaban:
1. Siswa dapat menyebutkan akibat konflik sosial terhadap
masyarakat
v Terjadinya perpecahan antar kelompok dalam masyarakat
v Banyaknya kerugian baik harta benda maupun jiwa, akibat
kekerasan yang terjadi
v Perubahan kepribadian individu yang terlibat konflik
2. Siswa dapat menyebutkan dampak adanya konflik sosial
secara umum
v
Menimbulkan
keretakkan antara individu satu dengan individu lainnya
v
Menyebabkan
berbagai kerugian dengan terjadinya konflik tersebut
3. Siswa dapat menjelaskan tentang akibat jika konflik
sosial tidak segera diatasi
Konflik tersebut akan semakin komplek dan akan muncul
masalah baru serta semakin banyak orang yang merasa dirugikan dari terjadinya
konflik tersebut.
Nilai :
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =
Jumlah skor maksimal
·
Penilaian afektif menggunakan instrumen
lembar observasi dan rubrik penilaian sbb:
No
|
Nama Siswa/ Kelompok
|
Kedisiplinan
|
Kerjasama
|
Tanggung jawab
|
||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan skor:
4 = jika empat indikator terlihat
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
Keterangan indikator;
(KEDISIPLINAN)
1. Bersikap disiplin dalam
mengikuti pelajaran
2.
Mengumpulkan tugas tepat waktu
3.
Masuk jam pelajaran tepat waktu
(KERJASAMA)
1.
Saling membantu teman dalam mengerjakan tugas kelompok
2.
Terlibat aktif dalam kegiatan kerja kelompok
3.
Kesediaan mengerjakan tugas sesuai dengan kesepakatan
bersama
(TANGGUNGJAWAB)
1.
Melaksanakan tugas individu dengan baik dan penuh
tanggungjawab
2.
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
3. Meminta maaf atas
kesalahan yang dilakukan
Nilai :
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =
Jumlah skor maksimal
Mengetahui,
Kepala SMK 2 Sampit
Drs. INO
NIP.
19620603 200003 1 004
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar