Minggu, 09 Oktober 2016

RPP adiwiyata Bahasa Inggris

RPP adiwiyata Bahasa Inggris




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                  : SDN 4 Ketapang
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : II/2
Standar Kompetensi               : 5.         Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar                   : 5.2       Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran**           : Siswa dapat memperagakan instruksi-instruksi yang didengar dengan benar        
Karakter siswa yang diharapkan : Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi dan Gemar membaca.
Metode Pembelajaran             : Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.      Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
·  Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
·  Guru bertanya pada siswa aktivitas apa saja yang ada dalam gambar.
2.      Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat memperagakan instruksi-instruksi yang didengar dengan benar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diminta memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru (sebagai permulaan, guru dapat memberi contoh dalam memperagakan instruksi yang diberikan).
F Siswa diminta memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru (guru dapat memotivasi siswa agar kompak dengan kelompoknya).
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru menunjuk siswa secara acak untuk memperagakan instruksi yang diberikan.
F Guru memberi apresiasi terhadap siswa yang melakukan instruksi-instruksi dengan benar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good.

Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
  2. Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
  3. Buku-buku lain yang relevan


Penilaian:
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Rasa ingin tahu
o  Mandiri
o  Kreatif 
o  Kerja keras.
o  Disiplin
o  Demokratis.
o  Tanggung-jawab
o  Menghargai Prestasi.
o  Gemar membaca
Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar
Unjuk kerja
Responding
Listen to the instructions and follow them.
Guru: Let’s play the guitar.
Murid: (berpura-pura sedang bermain gitar)


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1



&  LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        Sampit, 11 Agustus 2015
           Mengetahui                                                                            
           Kepala Sekolah                                                  Guru Mapel Bahasa Inggris



          SUHARTI M.HARJO,S.Pd.SD                         MARIATUN NUFUS, S.Pd
NIP. 19600514 198009 2 001                             




Tidak ada komentar:

Posting Komentar